Jumat, 11 September 2015

Mengenal Diri Sejak Dini



Rasanya berbagai macam quotes, psikolog, dan banyak literatur sudah mengatakan untuk mengerjakan sesuatu yang disukai. Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Anehnya, sampai hari ini masih banyak ditemui orang yang ragu untuk mengikuti passion. Alasannya bermacam-macam, seperti bidang yang digeluti tidak keren, gajinya kecil, masa depannya tidak pasti dan beragam alasan lainnya.

Sebenarnya mencoba suatu hal yang baru  memang bagus. Namun, jangan sampai lupa kalau bidang yang kita geluti tersebut akan melekat dalam diri kita selamanya. Apa kita memang siap mengerjakan sesuatu yang tidak kita sukai seumur hidup? Rasanya jika bukan karena uang, tidak banyak orang yang aka melakukannya.

Itulah mengapa, alangkah baiknya jika kita mengenali diri kita sendiri mulai dari sekarang. Terkadang semua yang kita lakukan sejak kanak-kanak merupakan petunjuk mengenai minat dan bidang pekerjaan yang cocok untuk kita geluti. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengenali diri kita sendiri :


  1. Coba ingat-ingat, pelajaran apa yang paling kita gemari saat bersekolah. Bukan yang nilainya paling tinggi, tapi apa yang membuat kita menjadi penasaran.
  2.  Hobi apa yang sejak kecil Anda gemari dari kecil hingga saat ini
  3. Jika ingat poin nomor satu dan dua, coba perhatikan sekeliling kita, apakah yang kita kerjakan berhubungan dengan yang kita sukai tersebut.
  4.  Jika sulit, psikotest bisa dijadikan pertimbangan. Hanya saja, hasil psikotest yang dijadikan acuan adalah yang bersifat deskripsi diri. Karena kalau secara numerik/angka, biasanya itu bisa berubah

Begitulah tips yang bisa dibagikan dalam tulisan ini. Meskipun bukan melalui sebuah penelitian, namun pengalaman ini bisa dijadikan acuan dalam menggeluti bidang pekerjaan yang Anda sukai. Semoga bermanfaat!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar