Rabu, 30 Desember 2009

Si Pahit Peningkat Adrenalin


 

Dia selalu ada di sini menemani pagiku, di sampingku saat aku gundah, bisa mencairkan suasana yang beku, membuat hati ini nyaman, dan dia adalah secangkir kopi yang selalu setia menemani hari ini dan esok hari nanti.

Kopi itu tergeletak di atas meja. Ketika dibuka, aroma semerbak langsung tercium dan menusuk hidung. Ditaburkan secara perlahan ke dalam cangkir. Tiap bubuk yang memenuhi bagian bawah cangkir tersebut begitu menggoda lidah.

Air panas yang telah disiapkan sebelumnya dalam sebuah teko bisa segera dituangkan ke dalam cangkir berisi bubuk kopi tersebut. Tiap tetes yang mengenai bubuk kopi menyemburkan asap yang tercampur dengan aroma kopi yang wangi dan membuat adrenalin meningkat sesaat. Air yang awalnya bening tersebut secara perlahan-lahan berubah menjadi hitam kecokelatan karena ada campuran susu dalam bubuk kopi tersebut. Ampasnya tampak terlihat  berputar-putar di atas permukaan air yang bergelombang akibat tuangan air yang panas.

Setelah cangkir terisi penuh, maka segera diaduk dengan menggunakan sendok. Setelah dirasa cukup, ambil cangkir tersebut dan hiruplah wangi kopi yang sudah selesai tahap pembuatannya. Dalam keadaan panas, tegukan pertama adalah gerbang awal yang membawa kita pada kenikmatan-kenikmatan berikutnya. Rasa panas yang muncul di ujung lidah yang berlanjut hingga ke dalam kerongkongan adalah sensasi awal yang sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata.

Sambil menunggu kopi yang masih panas, kenikmatan akan semakin terasa jika dilengkapi dengan sepotong roti, hisapan sebatang rokok, dan juga ditemani semilir angin yang masuk lewat jendela yang terbuka.

Kopi panas yang tersaji dalam cangkir cantik beralaskan tatakan bermotif bunga yang terbuat dari keramik cina. Tatakan, selain berfungsi sebagai alas gelas, juga sebagai tempat meminum kopinya jika terlalu panas.

Semakin lama didiamkan, panas dari kopi akan semakin hilang dan perlahan akan menjadi dingin. Jika kopi dibiarkan dingin, maka efek dari kopi yang bisa membuat tubuh menjadi lebih segar tersebut bisa hilang. Oleh karena itu, untuk menjaga suhu agar tetap panas, cangkir berisi kopi tersebut sebaiknya ditutup bagian atasnya. Aroma kopi yang istimewa selalu menggoda. Dengan citarasa tinggi yang menggugah selera, membuat kopi selalu menjadi sahabat sejati dikala melakoni segala rutinitas.

Kopi dapat menambah suasana hangat kebersamaan saat berkumpul bersama teman – teman. Kendati kopi itu adalah minuman yang memiliki rasa yang sebenarnya pahit, namun ia bisa menyatu dengan manisnya gula atau bahkan susu. Kopi hitam, kopi susu, ataupun kopi tubruk yang selalu digemari oleh semua kalangan, baik dari kalangan bawah hingga kalangan elit, sehingga kopi melambangkan kesetaraan bagi setiap masyarakat.

Tidak selamanya kopi itu jahat. Di dalam secangkir kopi terdapat manfaat baik. Kafein yang terdapat dalam kopi membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membakar lebih banyak. Selain itu, minuman ini juga ternyata dapat mengurangi nafsu makan sampai 35 persen dan membuat orang jadi semangat berolahraga. Namun, konsumsi kopi sebaiknya tidak lebih dari dua cangkir setiap hari karena kandungan kafeinnya dapat meningkatkan denyut jantung dua kali lipat. Sebaiknya minum kopi pahit karena yang berbahaya justru gula yang biasanya menemani kopi.

Banyak sekali manfaat kopi bagi tubuh kita, beberapa penelitian telah menunjukan, bahwa kopi mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya menangkal rasa kantuk, menambah kecepatan berpikir, menambah kesegaran badan karena efek dari kafein. Jika mengonsumsi kopi secara berlebihan efek negatifnya yaitu insomia, cemas, gelisah dan diare. Hal itu dikarenakan efek kafein yang terlalu tinggi.

Secangkir kopi kental yang selalu memberikan ketenangan, kedamaian, dan selalu membuat tersenyum setiap pagi. Makna dari secangkir kopi itu adalah sesempurna apapun kopi yang dibuat, kopi tetaplah kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin dapat disembunyikan.

1 komentar:

  1. Minum kopi terus deg-degan banget itu termasuk adrenalinnya terpacu nggak gan, saya biasanya gitu kalo habis minum kopi dari mesin kopi terbaik :o

    BalasHapus